Jakarta, Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dipimpin oleh Ketua KPU Prof. Nazaruddin Sjamsuddin pada Hari Rabu, 11 Juni 2003 memutuskan untuk menerima dan menyetujui komposisi lagu Pemilu 2004 karya N. Simanungkalit. berirama mars ini merupakan penyempurnaan dari mars Pemilu 1999, yang juga ciptaan dari mantan anggota MPR periode 1987 – 1992 ini yang liriknya disesuaikan dengan visi dan misi KPU serta UU No. 12/2003 Tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD.

Menurut Ketua KPU, lagu ini akan diproduksi dan disebarluaskan pada bulan Juli. KPU akan mengadakan acara khusus untuk peluncuran mars ini.

Dalam rapat ini selain Ketua KPU dan N. Simanungkalit, hadir juga anggota KPU Valina Sinka Subekti, Daan Dimara, Hamid Awaluddin, dan Anas Urbaningrum, Sekretaris Umum H.S.A. Yusacc, Kepala Biro Humas Wartawan Masri, Kepala Biro Umum Darham Syarief Arifin, Kepala Biro Perencanaan Maksum Wijaya Kusuma, Kepala Biro Perlengkapan R.M. Purba, dan jajarannya.

Keputusan untuk menerima dan menyetujui ciptaan Simanungkalit, yang juga pencipta hymne Palang Merah Amerika ini, diambil secara aklamasi setelah melalui diskusi pencipta dan para anggota KPU. Peserta rapat dalam kesempatan itu memberikan masukan untuk penyempurnaan lirik lagu tersebut.

Sementara itu N. Simanungkalit menyatakan penghargaannya kepada KPU karena proses pengambilan keputusan ini dilakukan secara sangat demokratis. Dia juga menyerahkan sepenuhnya hak cipta dan hak penggandaan serta hak untuk mempublikasikan kepada KPU. “Bagi saya penghargaan saja sudah cukup,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan mengapa lagu ini dibuat dengan irama mars. Menurut dia, irama ini bersemangat, jadi sesuai untuk mengajak orang untuk menuju kepada apa yang dicita-citakan. Kalau dibuat dalam irama hymne kurang cocok, karena hymne lebih bernuansa puji-pujian kepada Tuhan. Masih akan ada sedikit perubahan atas beberapa kata dalam lirik tersebut setelah rapat pleno memberikan masukan. Mars tersebut, setelah disempurnakan berdasarkan masukan rapat, akan ditetapkan dalam sebuah Keputusan KPU. (kpu.go.id)

Adapun lirik Mars Pemilu yang lama (beserta chordnya)

g d g
Pemilihan umum telah memanggil kita
G d g
Sluruh rakyat menyambut gembira
C d
Hak demokrasi pancasila
Em a d
Hikmah Indonesia merdeka

G d g
Pilihlah wakilmu yang dapat dipercaya
G d g
Pengemban ampera yang setia
C d
Di bawah undang-undang dasar 45
G d g
Kita menuju ke pemilihan umum

Mars Pemilu (yang baru)

Pemilihan Umum Kini Menyapa Kita
Ayo Sosong Dengan Gembira
Kita Pilih Wakil Rakyat Anggota DPD, DPR dan DPRD
Mari Mengamalkan Pancasila
Undang-Undang Dasar 45
Memilih Presiden Dan Wakil Presiden
Tegakkan Reformasi Indoneisa

Laksanakan Dengan Jujur Adil Dan Cermat
Pilih Dengan Hati Gembira
Langsung Umum Bebas Rahasia
Dirahmati Tuhan Yang Maha Esa

LEAVE A REPLY